Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Dublin Core

Title

Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Subject

Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Semangat Belajar Siswa

Description

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Siswa yang memiliki semangat belajar cenderung rajin mengikuti pelajaran, terlihat aktif dalam membaca pelajaran, antusias dalam mengikuti pelajaran, aktif dalam bertanya dan selalu mengerjakan tugas dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Upaya guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran saat ini belum berorientasi pada peningkatan semangat belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu inovasi baru dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menemukan suatu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan semangat belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) yang dipadukan dengan permainan Crossword Puzzle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) termasuk didalamnya penggunaan model deskriptif dan penelitian tindakan. Pelaksanaan metode R&D dibagi menjadi tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, dan pengujian model. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X lintas minat SMA Negeri 25 Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka penarikan sampel yang diambil dilakukan secara purposive sampling yaitu berdasarkan saran yang diberikan oleh guru mata pelajaran ekonomi maka sampel yang digunakan pada saat uji coba adalah kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Jumlah siswa dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol yang di uji coba terdiri atas 28 siswa. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-anova dan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki perbedaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT secara signifikan dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Hasil pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 23, berdasarkan hasil pengolahan data disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi dalam meningkatkan semangat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction).

Creator

Dewi Sinta | NPM. 41154010130027

Source

A.M, Sardiman.(2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Dahlan, M.S (2014). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan Deskriptif, Bivariat dan Multivariat Dilengkapi Aplikasi Menggunakan SPSS. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.

Dimyati., Mudjiono (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Heriawan, Adang., Darmajari., Senjaya Arip (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Prianto, D.(2009). Mandiri Belajar SPSS untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Yogyakarta: Medikom.

Purwanto, M Ngalim (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman (2013). Model-model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik. Jakarta: PT. Elek Komputindo.

Slavin, Robert E (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sugiyono.(2010). Metode penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : CV Alfabeta.

Sukmadinata, NanaSy.,Erliany Syaodih, (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sukmadinata, NanaSyaodih (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahab, A.A.(2012). Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.

Damayanti, L .(2016). Pengembangan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, Diakses 16 Mei 2017, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/10.

Amariā€™a, S.H.(2012). Pengaruh Keakraban Guru dengan Siswa Terhadap Semangat Belajar Siswa. Tersedia: http://perpus.iainsalatiga.ac.id. (20April 2017).

Diah (2012). Model Pembelajaran Kooperatif. Tersedia: http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran- kooperatif.htm.( 08 Juni 2016)

Ramadhani, Dwi Widiana (2014). Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament(TGT) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa di Kelas X.

Publisher

PEKO FKIP Universitas Langlangbuana

Date

2017

Contributor

Dr. Hj. Erliany Syaodih, M.Pd.
Drs. H. Sungging Handoko, SH., M.Si.

Format

PDF

Type

Skripsi
Date Added
October 11, 2017
Collection
PEKO - 2017
Tags
, ,
Citation
Dewi Sinta | NPM. 41154010130027, “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed September 23, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/111.