PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DI SEKOLAH DASAR

Dublin Core

Title

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DI SEKOLAH DASAR

Subject

Kemampuan Pemahaman Peserta Didik, .

Model Pembelajaran Time token

Description

Penelitian ini di latar belakangi adanya masalah kurangnya pemahaman anak terhadap mata pelajaran matematika materi pecahan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji penerapan model pembelajaran time token pada mata pelajaran matematika dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Populasi penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SD Negeri 015 Kresna Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penarikan sampel ditentukan dengan cara purposive sample sehingga terpilihlah peserta didik kelas IV-D untuk kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV-C untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian. Jumlah peserta didik dari masing-masing kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdiri atas 30 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan membuat RPP sebanyak 6 kali pertemuan untuk masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest dan postest peserta didik tersebut kemudian dianalisis dengan software SPSS untuk melihat pengaruh model pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis pertama menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t dan hipotesis kedua menggunakan uji n-gain menunjukan bahwa model pembelajaran time token memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan pembelajaran time token secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik. Keunggulan itu baik dilihat dari masing-masing indikator kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang mencakup kemampuan menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek berdasarkan konsep, menerapkan konsep secara algoritma, menyajikan konsep, mengaikatkan konsep matematika yang semakin baik setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru kelas untuk menggunakan model pembelajaran time token sebagai salah satu alternatif model dalam mata pelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran matematika, khususnya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada mata pelajaran matematika.

Creator

Ilma Thiana Fauziah I NPM : 41154030140021

Source

Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Astuty, Ari dan Mustaqin, Burhan.(2008). Ayo Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hanafiah. Dkk. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Halyadi, Hendi dkk. (2016). Penggunaan Kobesi dalam Matematika Gasing untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. [Online].Tersedia.https://herdy07.wordpress.com: Volume 2 No 2 2016 Halaman 81 – 88.(Februari 2016). p-ISSN: 2477-4758|e-ISSN: 2540-9670.[26 April 2016].
Heruman. (2014), Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: RemajaRosdakarya.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Lestari, E Karunia. & Yudhanegara, Ridwan. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mega, Wulan. (2016). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar.(SKRIPSI). Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.Bandung.
Ruseffendi. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Bandung: PT. Tarsito.
Sanjaya,Wina. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sidik, R Geri. (2016). Analisis Proses Berpikir dalam Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Pemberian Scaffolding. [Online]. Tersedia. http://jurnal.untirta.ac.id: JPSD Volume 2 No 2.(September 2016). ISSN 2301-671X.[26 April 2018].
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana,Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya.
Taryani, Santi. (2017). Penerapan Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas V Sekolah Dasar.(SKRIPSI). Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.Bandung.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Uno, Hamzah B. & Nurdin Mohamad. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Publisher

PGSD FKIP UNLA

Date

2018

Contributor

Dr. H. Mumun Syaban, M.Si
Nofrita, S.Pd.I, M.Pd

Format

PDF

Type

SKRIPSI

Files

BAGIAN DEPAN.pdf
BAB 1.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Document Viewer

Click below to view a document.

Date Added
May 7, 2019
Collection
PGSD - 2018
Tags
, ,
Citation
Ilma Thiana Fauziah I NPM : 41154030140021 , “PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DI SEKOLAH DASAR
,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed August 13, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/204.