PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SMART DISK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Dublin Core

Title

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SMART DISK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Subject

Media pembelajaran smart disk,
Kemampuan analisis,
Ilmu Pengetahuan Alam

Description

Penelitian ini berjudul pengaruh media pembelajaran smart disk terhadap peningkatan kemampuan menganalisis peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, judul ini di latar belakangi oleh pertimbangan pemilihan media berdasarkan tujuan pembelajaran, kriteria materi, dan karateristik siswa kelas V sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran smart disk terhadap peningkatan kemampuan menganalisis peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar dengan rincian tujuan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran smart disk, menguji pencapaian kriterian ketuntasan minimal kemampuan menganalisis, menguji perbedaan kemampuan menganalisis sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, menguji perbedaan kemampuan menganalisis kelompok eksperimen dan kontrol, menguji peningkatan kemampuan menganalisis kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bojong Malaka yang berjumlah 125 orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara acak dan terpilihlah siswa kelas VA untuk kelompok ekperimen dan siswa kelas VB untuk kelompok kontrol dan memiliki jumlah sampel yang sama, yaitu tiga puluh siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi untuk mengukur penggunaan media pembelajaran smart disk dan instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan menganalisis siswa. Data yang diperoleh berupa hasil pretest sebelum diberikan perlakuan dan hasil posttest setelah diberikan. Data dianalisis untuk menguji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, one sample t-test, paired sample t-test, dan independent t-test menggunakan bantuan software SPSS 22. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran smart disk siswa lebih aktif dalam kegiatan menganalisis yang terlihat dari hasil observasi, kemampuan menganalisis siswa sudah mencapai kriterian ketuntasan minimal, terdapat perbedaan kemampuan menganalisis setelah diberikan perlakuan, terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan peningkatan kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol.

Creator

Santi Nurjanah I NPM : 41154030140078

Source

Arifin, Z. (2014). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Hidayat, A. (2017a). Cara menentukan populasi dan sampel untuk penulisan skripsi. Bandung: Program Studi Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.
Hidayat, A. (2017b). Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.
Hidayat, A. (2017c). Pengujian normalitas dan homogenitas. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.
Hidayat, A. (2017d). Pengujian hipotesis komparatif dengan uji t-test menggunakan excel da spss. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.
Kunto, A. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Lestari, E. K. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: Refika Aditama.
Nurhasanah. (2017). Efektivitas model pembelajaran cooprative type jigsaw berbantu video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berfikir analisis pada mata pelajaran ekonomi. Bandung: Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana.
Pangesti, G. S. (2016). Pengembangan media pembelajaran smart disk ilmu pengetahuan sosial pada materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia untuk kelas V semester I SD/MI. Yogyakarta: Universitas Islam Sunan Kalijaga.
Sanjaya, W. (2012). Media komunikasi pembelajaran . Bandung: Kencana.
Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil belajar mengajar . Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Media Group.
Suwarto. (2013). Pengembangan tes diagnostik dalam pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2013). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulfikar, R. (2016). Penerapan modular berbasis komputer untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat paket program spreadsheet. Bandung: Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.

Publisher

PGSD FKIP UNLA

Date

2018

Contributor

Asep Hidayat, Drs., M.Pd.
Yeti Nurhayati, S.Pd., M.Pd.

Format

PDF

Type

SKRIPSI

Files

41154030140078 SANTI - BAGIAN DEPAN.pdf
41154030140078 SANTI - BAB I.pdf
41154030140078 SANTI - BAB III.pdf
41154030140078 SANTI - BAB IV.pdf
41154030140078 SANTI - BAB V.pdf
41154030140078 SANTI - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Date Added
May 8, 2019
Collection
PGSD - 2018
Tags
, ,
Citation
Santi Nurjanah I NPM : 41154030140078 , “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SMART DISK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed November 28, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/232.