PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PAIR CHECK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Dublin Core

Title

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PAIR CHECK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Subject

Kemampuan Pemahaman Matematika,
Model Cooperative Learning Type Pair Check

Description

Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji pengaruh model cooperative learning type pair check terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematika peserta didik pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Populasi penelitian ini ialah peserta didik SD Negeri Ciptawinaya Baleendah. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penarikan sampel ditentukan dengan cara random sehingga terpilihlah peserta didik kelas IV A untuk kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV B untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian. Jumlah peserta didik dari masing-masing kelas yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terdiri atas 20 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan membuat desain RPP sebanyak tiga kali pertemuan untuk masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest dan posttest peserta didik tersebut kemudian dianalisis dengan software SPSS V.22 untuk melihat pengaruh model pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji normalitas, uji homogen dan uji-t menunjukkan bahwa model cooperative learning type pair check memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model konvensional secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika peserta didik. Keunggulan itu baik dilihat dari masing-masing indikator kemampuan pemahaman matematika yang mencakup mencontohkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, membandingkan dan menjelaskan. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru kelas IV untuk menggunakan model cooperative learning type pair check sebagai salah satu alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematika peserta didik di sekolah dasar.

Creator

Lita Diana Nurul Ikhsan I NPM : 41154030140090

Source

Arifin, Zaenal. (2013). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G.
Arends, Soetjipto dkk.( 2008). Learning to teach Belajar untuk Mengajar.
Yogyakarta: Pustaka.
Fajariah, Nur dan Defi. (2008). Cerdas Berhitung Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Fajar, Shidiq. (2009). Diklat Instruktur Pengembangan Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husna, dkk. 2013. Kandungan Antosianin Dan Aktivitas Antioksidan Ubi Jalar Ungu Segar Dan Produk Olahannya. AGRITECH Vol. 33 No. 3.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Ruseffendi, E. T. (2004). Materi Pokok Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud Jihad.
Rahyubi, Heri. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Sanjaya.(2009). Indikator Pemahaman Konsep Matematika. http://dedi26.com/2013/05/indikator-pemahaman-konsep-matematika-html. Minggu, 7 Januari 2018 Pukul 18.00 WIB.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Prenadamedia Group.
Setiawan, Dicky.(2017). Buku Siswa Matematika untuk SD/MI untuk Kelas IV. Bandung: PT. Sarana Pancakarya Nusa.
Sutikno, Sobry.(2014). Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.
Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Studio, Widya. (2014). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Bandung: Yrama Widya.
Yuniar, Tanti Sip.(Tanpa tahun). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.(Tanpa kota): PT. Agung Media Mulia.

Publisher

PGSD FKIP UNLA

Date

2018

Contributor

Dr. H. Mumun Syaban, M.Si
Irmawan, S.Pd.,M.Pd.

Format

PDF

Type

SKRIPSI

Files

cover s.d daftar.pdf
BAB I.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Document Viewer

Click below to view a document.

Date Added
May 16, 2019
Collection
PGSD - 2018
Tags
,
Citation
Lita Diana Nurul Ikhsan I NPM : 41154030140090 , “PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE PAIR CHECK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed July 8, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/258.