Pengembangan Metode Pembelajaran Iquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sintesis

Dublin Core

Title

Pengembangan Metode Pembelajaran Iquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sintesis
Penelitian dan Pengembangan Pada Pembelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Pengelolaan Kartu Aktiva Tetap Kelas XI Bidang Keahlian Akuntansi Di SMK Bina Warga Bandung

Subject

Metode Pembelajaran Inquiry

Description

Kesulitan yang dialami siswa selama proses pembelajaran berlangsung adalah fakta yang tidak bisa dihindari. Salah satu diantara kesulitan belajar siswa yaitu pada aspek “kemampuan berpikir sintesis”. Penelitian inipun dilatarbelakangi oleh terlihat kurangnya kemampuan berpikir siswa dalam hal berpikir tingkat tinggi pada saat proses pembelajaran khususnya pembelajaran Akuntansi seperti kemampuan menyusun, kemampuan merancang, dan kemampuan mengevaluasi. Upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran saat ini belum berorientasi kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi khususnya kemampuan berpikir sintesis. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu sebuah inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menemukan suatu metode pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir sintesis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development), yang didalamnya termasuk penggunaan model deskriptif dan penelitian tindakan. Pelaksanaan metode R&D dibagi menjadi tiga langkah pokok yaitu studi pendahuluan, penyusunan metode, dan uji coba metode. Studi pendahuluan dilakukan pada SMK Bina Warga Bandung. Uji coba terbatas dilaksanakan dikelas XII AK 2 dan Uji Coba Luas dilaksanakan di kelas XI AK-1 dan AK-2. Populasi penelitian ini adalah kelas XI jurusan Akuntansi. Pengambilan sample uji coba terbatas menggunakan cara acak (random) untuk menentukan kelas uji coba terbatas dan uji coba luas. Hasil kajian dari berbagai literatur tentang metode pembelajaran yang diciptakan para ahli, ditemukan suatu metode pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir sintesis siswa pada mata pelajaran Akuntansi khususnya pada materi pengelolaan kartu aktiva tetap di SMK Bina Warga Bandung, yakni “metode Inquiry”. Hasil pengolahan data dengan SPSS versi 15.0 terdapat peningkatan kemampuan berpikir sintesis siswa yang cukup signifikan setelah dikembangkan metode pembelajaran Inkuiri penemuan dipadukan dengan model tutor teman sebaya dalam hal pengelompokan belajar dan perumusan masalah dalam inkuiri yang dikembangkan cocok untuk siswa dalam belajar Akuntansi untuk membuat siswa mampu berpikir sintesis. Berdasarkan hasil-hasil penelitian ini, didasarkan kepada guru agar dapat menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran yang lebih menantang siswa mengembangkan kemampuan berpikir sintesis dalam proses pembelajaran Akuntansi. Demikian pula bagi kepala sekolah agar dapat membantu pengembangan metode pembelajaran ini demi perbaikan kualitas pembelajaran di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian yang serupa dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Creator

Eneng Iis | NPM. 41154010110032

Publisher

PEKO FKIP Universitas Langlangbuana

Date

2015

Contributor

Dr.Hj.Erliany Syaodih,Dra.,M.Pd.
Popon Mariam,S.Pd.,M.Pd.

Format

PDF

Type

Skripsi

Document Viewer

Date Added
December 31, 2016
Collection
PEKO - 2015
Tags
,
Citation
Eneng Iis | NPM. 41154010110032, “Pengembangan Metode Pembelajaran Iquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sintesis,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed October 19, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/28.