Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Minat Belajar Siswa

Dublin Core

Title

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Minat Belajar Siswa

Subject

Model Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning
Minat Belajar

Description

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas lintas minat. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas lintas minat. Secara garis besar model pembelajaran contextual teaching and learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada konsep mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari siswa sehingga menghasilkan suatu pengalaman yang dimana pengalaman tersebut mampu mempengaruhi minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap minat belajar siswa di kelas lintas minat. Penelitian ini merupakan studi eksperimen yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain Non Equivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA (IPA) lintas minat ekonomi di SMAN 11 Bandung. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sehingga terpilihlah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar RPP, pedoman observasi, dan lembar angket. Data yang dikumpulkan kemudian di analisis menggunakan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran contextual teaching and learning. Rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen adalah sebesar 98,87 yang lebih besar dari rata-rata kelas kontrol yakni sebesar 80,90. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning mampu mempengaruhi secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas lintas minat.

Creator

Chantrika Putri | NPM. 41154010130029

Source

Amri, Sofan. (2013). Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

A.Rauf, Dewi. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tentang Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing [Online], volume 1, halaman 4. Tersedia : http://kim.ung.ac.id/.

Damayanti, Leni. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. (Skripsi). Sekolah Sarjan, Universitas Langlangbuana, Bandung.

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Djamarah, S Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. (2015). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor : Ghalia Indonesia.

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung : PT. Refika Aditama.

Lestari, E. Karunia dan Yudhanegara, R. Mokhammad. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT.Refika Aditama.

Purwanto Ngalim, M. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rohanah, Siti. (2015). Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Tentang Gerak Benda [Online], volume 3, no.2. Tersedia : Jurnal.fkip.uns.ac.id.

Rosdiani, Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Simbolon, Naeklan. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik [Online], Volume 1. Tersedia : http://jurnal.unimed.ac.id/.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sukmadinata, N. Syaodih dan Erliany Syaodih. (2012). Kurikulum dan pembelajaran Kompetensi. Bandung : PT.Refika Aditama.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

U.U. SISDIKNAS. (2009). Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Dan Peraturan Pemerintah R.I Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar. Bandung : Citra Kumbara.

Publisher

PEKO FKIP Universitas Langlangbuana

Date

2017

Contributor

Hj. Uus Manzilatusifa, Dra.,M.Si.
H. Sungging Handoko, Drs.,S.H.,M.Si

Format

PDF

Type

Skripsi
Date Added
October 11, 2017
Collection
PEKO - 2017
Tags
,
Citation
Chantrika Putri | NPM. 41154010130029 , “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Minat Belajar Siswa,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed July 8, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/104.