Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Show and Tell Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar”

Dublin Core

Title

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Show and Tell Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar”

Subject

Metode Pembelajaran Show and Tell,
Metode pembelajaran Konvensional,
Keterampilan berbicara.

Description

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh penerapan metode pembelajaran Show and tell terhadap peningkatan keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Keterampilan berbicara meliputi empat aspek yaitu keterampilan menulis, keterampilan membaca, keterampilan menyimak, dan keterampilan berbicara. Dari hasil penelitian peneliti menemukan permasalahan bahwa keterampilan berbicara peserta didik masih kurang hal ini disebabkan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional untuk itu harus ada model atau metode pembelajaran yang mkengacu kepada pertumbuhan komunikasi publik, yaitu metode pembelajaran show and tell menurut H.A.R Tilaar (2013, hlm. 103) show and tell adalah kegiatan yang mengutamakan kemapuan berkomunikasi sederhana. Tujuan kegiatan ini adalah melatih anak berbicara di depan kelas dan membiasakan anak peka terhadap hal-hal sederhana sehari-hari. Dari populasi tersebut diambil sebanyak dua kelas. Kelas IV-A yang berjumlah 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan metode show and tell dan kelas IV-B yag berjumlah 20 orang siswa sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes keterampilan berbicara peserta didik untuk memperoleh data kuantitatif dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji perbedaan rata-rata. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) terdapat perbedaan keterampilan berbicara peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran show and tell dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dapat dilihat dari hasil gain ternormalisasi dengan kelas eksperimen dengan selisih rata-rata peningkatan sebesar 0,5756 sedangkan kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 0,3833. (2) terdapat peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran show and tell dapat dilihat dari selisih rata-rata peningkatan kemampuan awal sebesar 58,50 sedangkan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran show and tell yaitu sebesar 82,80.

Creator

WIDIANTO KOSWARA I NPM 41154030130038

Source

Abdul Majid. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
. (2012). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, (2014): Indahnya Kebersamaan Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dananjaya, Utomo. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
E. T. Ruseffendi. (1991). Penilaian Pendidikan Dan Hasil Belajar Siswa Khususnya Dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung.
_________. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
_________. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
H.A.R Tilar. (2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendakia.
Heri Rahyubi. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusamedia.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2011). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Keterampilan [Online]. Tersedia di: http://kbbi.web.id/terampil. diakses 16 Agustus 2017.
Made, Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatau Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Musfiroh T. (2012). Show and Tell Edukatif. Yogyakarta: Tiara Wacana Grup.
Roestiyah N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar (Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: Teknik Penyajian). Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno. M.S. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta,cv.
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayah Publishing.
Syaiful Bahri dan Asawan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa.
Sabarti Akhadiah, Bahasa Indonesia II, Jakarta: DEPDIKBUD. (1992)
Tarigan, Henry Guntur. (2013). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

. (2013). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Publisher

PGSD FKIP Universitas Langlangbuana

Date

2017

Contributor

Hj. Rita Zahara., Dra., M.Pd
Cucu Lisnawati., S.Pd., M.Pd

Format

PDF

Type

Skripsi

Files

Bagian Depan.pdf
Bab 1.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf

Document Viewer

Click below to view a document.

Date Added
November 16, 2017
Collection
PGSD - 2017
Tags
, ,
Citation
WIDIANTO KOSWARA I NPM 41154030130038 , “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Show and Tell Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Peserta Didik di Sekolah Dasar”,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed August 15, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/162.