PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Dublin Core

Title

PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Subject

Model Sains Teknologi Masyarakat,
Pemahaman,
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Description

Penelitian ini berjudul Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat dalam Peningkatan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang penerapan model sains teknologi masyarakat dalam peningkatan pemahaman peseta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Teori yang digunakan adalah Kartadinata (2011) yang menyatakan bahwa model sains teknologi masyarakat merupakan model pembelajaran yang mengkaitkan antara sains dan teknologi dengan masyarakat sebagai pengguna dari sains dan teknologi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan sifat penelitian kualitatif-kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan, yaitu kuasi eksperimen desain. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA dan IVD di SD Negeri 255 Griya Bumi Antapani Bandung dengan total 60 peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes pemahaman dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) Model Sains Teknologi Masyarakat efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik sekolah dasar. (2) Uji statistik menunjukkan bukti pada kelas eksperimen terdapat peningkatan pemahaman peserta didik yang terlihat pada hasil uji gain sebesar 0,627.

Creator

Wina Kurniasih I NPM : 41154030140031

Source

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Eka Lestari, Karunia & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Firdaus, F. (2015). Efektivitas Model STM (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Konsep Energi Dan Perubahannya Di Sekolah Dasar. Tersedia. http://www.e-jurnal.com/2017/05/efektivitas-model-stm-sains-teknologi.html: volume I (Desember 2015). Number 1 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 2477-5673. [12 April 2018].
Hapsari, Yessy dkk. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Dampak Pengambilan Bahan Alam Terhadap Pelestarian Lingkungan Melalui Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). (Tesis). PGSD FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Hasjunianti. (___). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Energi dan Penggunaannya Pada Siswa Kelas IV SDN 024 Salukaili. Tersedia. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=174586&val=5150&title=Penerapan: volume 3. Number 2 Jurnal Kreatif Tadulako Online ISSN 2354-614x. [12 April 2018]
Heriawan, dkk. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teorotis Praktis. Serang: LP3G.
Indrawati. (2010). Sains Teknologi Masyarakat. Jakarta: PPPPTK IPA.
Indrawati & Wawan Setiawan. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.
Istarani (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kartadinata, S. (2011). Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI. Bandung: PLPG UPI.
Kesuma, D. (2010). SK-KD-ICK-AMP. Program Profesi Guru (PPG) Program Studi PGSD. Bandung: UPI.
Maryanto. (2017). Kayanya Negeriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru Kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurrohman (2008). Peneparan Sains Teknologi Masyarakat dalam Penerapan IPA Sebagai Upaya Peningkatan Life Skill Peserta didik. Jakarta: PT Grasindo.
Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Konstektual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sagala, S (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Sudaryono (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sudjana, N (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudijono, A (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sutarno, N. (2009). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Toharudin, dkk. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Surabaya: Prestasi Pusaka Publisher.
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Publisher

PGSD FKIP UNLA

Date

2018

Contributor

H. A. Shofyanis, Drs., M.Ed., Ph.D
Yeti Nurhayati, S.Pd., M.Pd

Format

PDF

Type

SKRIPSI

Files

BAGIAN DEPAN.pdf
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Bab III METODE PENELITIAN.pdf
Bab IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Date Added
May 9, 2019
Collection
PGSD - 2018
Tags
, ,
Citation
Wina Kurniasih I NPM : 41154030140031 , “PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed August 13, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/239.