PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Dublin Core

Title

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Subject

Peningkatan pemahaman matematis,
Two Stay Two Stray (TSTS),
Model pembelajaran kooperatif

Description

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan dalam proses pelajaran matematika, yaitu kegiatan pelajaran yag belum maksimal dalam memberikan bantuan kepada peserta didik untuk meningkatkan pemahaman matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) terhadap peningkatan pemahaman matematis peserta didik di SDN Banjaran 02. Populasi penelitian ini ialah peserta didik SDN Banjaran 02. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penarikan sampel di tentukan dengan cara random sehingga terpilihlah peserta didik kelas IV A untuk kelas eksperimen dan IV B untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah soal pretest, posttest, lembar observasi, RPP untuk masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang dikumpulkan hasil pretest dan posttest pada hari pertama dan hari terakhir penelitian. Data hasilpretest dan posttest peserta didik tersebut kemudian dianalisis dengan bantuan sofware SPSS untuk melihat pengaruh model pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji anova dan uji-t menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibandingkan engan yang tidak menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) secara signifikan dalam meningkatkan pemahaman matematis peserta didik sekolah dasar. Keunggulan itu baik dilihat dari masing-masing indikator pemahman matematis peserta didik yang semakin baik setelah diberikan perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini: 1) Terdapat peningkatan pemahaman matematis peserta didik SDN Banjaran 02 setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). 2) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik SDN Banjaran 02 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Creator

Arie Kharisma I NPM: 41154030140037

Source

Huda. Miftahul. (2013). Pengajaran dan Pembelajaran, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Serang-Banten : LP3G (Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru)
Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Kominikasi Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Kilpatrik et al., (2001).
Komalasari. K. (2010). Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT. Refika Aditama
Komalasari. K. (2015). Pembelajaran Kontektual : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT. Refika Aditama
Prayitno, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Malang : FKIP UMM
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sudayana, (2014). Media dan Alat Praga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode PenelitianPendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2014). Coooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Zainal A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung.
Zainal A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung.

Publisher

PGSD FKIP UNLA

Date

2018

Contributor

Hj. Puji Budilestari, Dra.,M.Pd
Yeti Nurhayati, S.Pd., M.Pd.

Format

PDF

Type

SKRIPSI

Files

COVER SKRIPSI.pdf
BAGIAN DEPAN.pdf
ARIE BAB I.pdf
ARIE BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Date Added
May 16, 2019
Collection
PGSD - 2018
Tags
, ,
Citation
Arie Kharisma I NPM: 41154030140037 , “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed August 14, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/248.