MERANCANG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD

Dublin Core

Title

MERANCANG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD

Subject

Kemampuan membaca,
Metode speed reading

Description

Rendahnya kemampuan membaca siswa akan berpengaruh pada pembelajaran, membaca merupakan kegiatan yang bersifat reseptif. Keterampilan membaca siswa dapat meningkat salah satunya dengan menggunakan metode speed reading, speed reading merupakan kemampuan membaca cepat tanpa menghilangkan pemahaman isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran mengenai langkah-langkah penggunaan metode speed reading dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini dilakukan sebab masih ada penduduk Indonesia yang masih belum melek aksara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Developmental Research yang mengacu pada model 4D. Penelitian menghasilkan rancangan pembelajaran pengembangan metode speed reading untuk keterampilan membaca, disusun berdasarkan tahapan model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil penilaian uji validasi ahli materi/media rancangan pembelajaran menggunakan metode speed reading pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang dikembangkan sudah baik dan layak untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa

Creator

Lusy Octavianie II NPM : 41154030160087

Source

Agustini, J. (2019). Pengaruh Speed Reading Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.
Alfahad, M. F. (2015). Penerapan Quantum Speed Reading Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Baahasa Indonesia. Riksa Bahasa, 1, 72–77.
Fitria, D. . (2010). Pembaca Hebat Super Cepat. Jakarta: Transmandiri Abadi.
Freudenthal. (1991). Revisting Mathematics Education. Kluwer Academic.
Ismi, R. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Speed Reading pada Sisa Kelas V MI Al- Hiidayah Ngadiroo Ampel Boyolali. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Speed Reading pada Sisa Kelas V MI Al- Hiidayah Ngadiroo Ampel Boyolali.
Nurgiantoro, B. (2001). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nurhadi. (2010). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.
Pamuji, S. D. (2017). Kemampuan Membaca Cepat Dengan Metode Skimming Siswa kelas XII IPS. ISSN 2089-3973, 7(1), 70–83.
Pandawa, Nurhayati, Harudin, & Mislinatul, S. (2009). Pembelajaran Membaca. Jakarta: Depdiknas.
Riyanto, A. (2013). Pengembangan Buku Pengayaan Keerampilan Membaca Bahasa Indonesia Yang Bermuatan Nilai Kewirausahaan. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1). Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka%0APENGEMBANGAN
Sari Ratna kartika, MS, Z., & Boeriswati, E. (2017). Keterampilan Membaca Cepat Melalui Metode Resitasi. JURNAL PNDIDIKAN DASAR, 8(2).
Sinin, Y. (2015). Peningkatan Keampuan Membaca Cepat Melalui Penerapan Metode Gerak Mata Siswa Kelas XII Ipa A SMA Karuna Dipa Palu. e-Jurnal Bahasantodea, 3, 99–108.
Soedarso. (2004). Speed Reading. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, T. D. Y. (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan, 2–3.
Tarigan, H. G. (2015a). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (revisi). Bandung: CV. Angkasa.
Tarigan, H. G. (2015b). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung.
Tarigan, H. G. (2015c). Menulis Sebagai suatu Keteramplan Berbahasa (revisi). Bandung: CV. Angkasa.
Tarigan, H. G. (2015d). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa (revisi). Bandung: CV. Angkasa.
Thiagarajan, S. dan S. (1974). Intructional Development For Training Teacher of Exceptional Children. Blominght on Indiana: Indiana University.
Triyanto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Widiatnoko, I. (2011). Super Speed Reading. Jakarta: PT.Gramedia.
Yasmin, Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Lamgugob Banda Aceh.
Yusandi. (2014). Kolerasi Kemampuan Membaca Cepat Dengan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

Publisher

PGSD FKIP UNLA

Date

2020

Contributor

Asep Hidayat, Drs,. M.Pd
Rika Widya Sukmana, S.P., M.Pd

Format

PDF

Type

SKRIPSI

Files

41154030160087 LUSY_SKRIPSI.pdf

Document Viewer

Date Added
February 17, 2021
Collection
PGSD - 2020
Tags
,
Citation
Lusy Octavianie II NPM : 41154030160087 , “MERANCANG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed April 19, 2021, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/491.