PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Dublin Core

Title

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Subject

Penerapan Metode Role Playing,
Keterampilan Berbicara,
Bahasa Indonesia

Description

Studi ini berjudul penerapan metode Role Playing untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Indonesia.
Teori yang digunakan adalah Shoimin 2014 yang mengatakan bahwa metode bermain peran membuat siswa langsung terlibat seolah-olah mereka berada dalam peran; ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka serta kepercayaan pada orang lain.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan penelitian kualitatif-kuantitatif yang diusulkan oleh John w Creswell 2009 dengan beberapa aspek penting dalam merancang prosedur sebagai berikut: waktu, berat, pencampuran, dan teorisasi. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Populasi dalam kajian ini semua adalah siswa kelas lima di sekolah dasar Saparako, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah sebuah lembar pengamatan dari implementasi pembelajaran dan tes keterampilan berbicara. Analisis data keterampilan berbicara dalam studi ini digunakan tes normalitas, tes homogenitas, T Test, dan tes gain. Hasil dari lembar pengamatan menggambarkan pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Hasil yang diperoleh menunjukkan (1) metode bermain peran efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. (2) uji statistik menunjukkan bukti dalam kelas eksperimental ada peningkatan keterampilan berbicara terlihat pada hasil tes t 0,020.

Creator

SINTA SILVIA I NPM :41154030140083

Source

Abdul Karim, Aris. (2016) Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Siwalempu Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL).
B. Uno, Hamzah (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.
Elaine B. Jhonson. (2011). Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Lebih Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa
FKIP. Pedoman Penulisan Skripsi. (2017). Bandung: Universitas Langlangbuana.
Antosa, Zairul. dkk. (2014) Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada siswa kelas IV SDN 030 Tampan Pekanbaru.
Hidayat. Asep. (2017). Uji Normalitas, Uji homogenita, dan Uji T. Bandung.
Hidayat. Asep. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen. Bandung.
Hisnu P. Tantya. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial 4: SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Publisher

PGSD FKIP UNLA

Date

2018

Contributor

Prof. Dr. D Cristiana Victoria, M.A.
Deasy Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Format

PDF

Type

SKRIPSI

Document Viewer

Click below to view a document.

Date Added
May 8, 2019
Collection
PGSD - 2018
Tags
, ,
Citation
SINTA SILVIA I NPM :41154030140083 , “PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed August 15, 2020, http://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/233.