PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP
PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM BERBICARA
DI SEKOLAH DASAR KELAS 4

Dublin Core

Title

PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP
PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM BERBICARA
DI SEKOLAH DASAR KELAS 4

Subject

Keterampilan Berbicara,
Metode Bercerita

Description

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah penerapan metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan bagaimana hasil dari penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah metode bercerita rdan untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada peserta didik di sekolah dasar. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori keterampilan berbahasa menurut Tarigan (2015). Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif berdasarkan studi dokumentasi yang telah dilakukan pada lima buah penelitian relevan yang berhubungan dengan penerapan metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara mengalami peningkatan dan peserta didik lebih aktif.

Creator

Yanti Yulianti II NPM : 41154030160061

Source

Aizid, Rizem. (2011). Bisa Baca Secepat Kilat (Super Quick Reading). Yogyakarta: Buku Biru.
Anggito, Albi. & Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Dewi, Shakuntala. (2011). Jadikan Anak Anda Jenius, Jakarta: PT Gramedia.
Latif, Muhammad Abdul. (2012). The Miracle of Story Telling. Jakarta: Penerbit Zikrul Hakim.
Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Maidar G, Arsjad. (2005). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gelora Aksara.
Rachmawati, Yeni, dan Euis Kurniati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Saddhono, K., & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia:Teori dan Aplikasi. Graha Ilmu.
Solihudin, Ichsan, (2016). Hypnosis For Parent: Melejitkan Potensi Buah Hati, Bandung: PT Mizan Pustaka.
Sukmadinata, N.S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry, (2015). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Tarigan, H.G. (2009). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa
Skripsi :
Dilla, Raudhah Farah. (2018). Pengaruh Metode Story Telling dalam Kegiatan Circle Time Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Di Paud IT Cendekia Tungkop-Aceh Besar. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Kartinah, Titin. (2018). Pengenalan Bahasa Inggris melalui Metode Story Telling Berbantu Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Purnama Sukarame Bandar Lampung. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Kassim, Jumaira. (2018). Metode Story Telling Untuk Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini di TK Annur Gang Modin. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Mualifah, (2013). Story Telling Sebagai Metode Parenting Untuk Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. (Skripsi ). UIN Malik Ibrahim, Malang.
Pratiwi, Rosalina Rizki. (2016). Penerapan Metode Story Telling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa kelas II SDN S4 Bandung. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Thohari, Ihyak nizar. (2016). Penerapan Teknik Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Wates Tahun Ajaran 2015/2016. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Wigayuwiva, (2014). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri di Kelompok B3 taman Kanak-Kanak Pertiwi 1. (Skripsi). Universitas Bengkulu, Bengkulu.
Wijayanti, Prabantara Esti. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa kelas V Sekolah Dasar 1 Pedes, Sedayu. (Skripsi) Universitas Negeri Yogyakarta, Bantul.
Yusmiati, Emi. (2018). Peningkatan Kecerdasan Emosi Melalui Story Telling pada Anak Kelas VI (Mata Pelajaran Agama Islam, Materi Perilaku Terpuji) Di Sdn Cempaka Baru 12 Kemayoran Jakarta Pusat. (Skripsi). Universitas Muhammadiah Jakarta.

Publisher

PGSD FKIP UNLA

Date

2020

Contributor

Prof. Dr. D. Cristiana Victoria Marta, M.A., C.M.H.A
Irmawan, S.PD., M.PD.

Format

PDF

Type

SKRIPSI

Files

BAGIAN DEPAN.pdf
BAB  I.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf

Document Viewer

Click below to view a document.

Date Added
February 17, 2021
Collection
PGSD - 2020
Tags
,
Citation
Yanti Yulianti II NPM : 41154030160061 , “PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP
PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM BERBICARA
DI SEKOLAH DASAR KELAS 4
,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed June 22, 2021, https://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/484.