META-ANALISIS KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT

Dublin Core

Title

META-ANALISIS KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT

Subject

Meta-analisis,
Kemampuan Mengemukakan Pendapat

Description

Kemampuan mengemukakan pendapat merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap siswa, dengan mengemukakan pendapat siswa dapat menyampaikan apa yang diketahui, apa yang ingin ditanyakan atau apa yang
siswa tidak setujui selama pembelajaran berlangsung. Namun dalam pembelajaran siswa sering kali kesulitan dalam mengemukakan pendapat. Berdasarkan paparan di atas peneliti tertarik untuk mendeskripsikan kemampuan mengemukakan pendapat melalui hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metaanalisis. Populasi dalam penelitian ini yaitu jurnal/skripsi yang berhubungan dengan kemampuan mengemukakan pendapat sebanyak 44 artikel, sampel yang digunakan yaitu 15 jurnal/skripsi yang memenuhi kriteria untuk dianalisis. Instrumen penelitian yang digunakan berupa coding meta-analisi kemampuan mengemukakan pendapat untuk mencatat hasil-hasil analisis artikel ilmiah. Analisis datapenelitian dilakukan dengan bantuan tabel frekuensi dengan perhitungan persentase dari setiap kategori yang dianalisis.
Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa tidak hanya dapat dilakukan dengan metode atau model pembelajaran tetapi bisa juga dengan pola asuh demokratis yang dilakukan orang tua kepada anak

Creator

Neng Siti Nur S II NPM : 41154010160003

Source

(n.d.).
Fatimah, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Debat Aktif Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.
Pulungan, R. (2017). Kemampuan mengemukakan pendapat dalam berdebat siswa kelas x sma dharma bhakti 3 kota jambi tahun ajaran 2016/2017.
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu , H., & Anazifa, R. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta: Parama Publishing.
Romdiyatun, S. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengutarakan Pendapat Kepada Orang Lain Melalui Metode Sosiodrama pada Anak Kelompok B Di TK ABA Manjungan Klaten Tahun 2011/2012, Skripsi FKIP UMS.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kuanlitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta Bandung.

Publisher

PEKO FKIP UNLA

Date

2021

Contributor

Asep Hidayat, Drs., M.Pd.
lyas, S.Pd., M.M.

Format

PDF

Type

SKRIPSI

Files

SKRIPSI NENG SITI.pdf

Document Viewer

Date Added
June 27, 2022
Collection
PEKO - 2021
Tags
,
Citation
Neng Siti Nur S II NPM : 41154010160003, “META-ANALISIS KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT,” Repository | FKIP Universitas Langlangbuana, accessed September 28, 2022, https://repository.fkip.unla.ac.id/items/show/508.